Pengumuman disampaikan Kepada pemegang sertifikat Halal kepri, agar segera memperpanjang kembali Minimal 2 bulan sebelum masa berlaku sertifikat berakhir ( Expired ).

( Berita Batam ) Kepri termasuk percontohan ke 3 Gerakan masyarakat Sadar Halal

 

Kepri – Batam  8 Juli 2014 . Sebanyak  336  survey yang dilakukan Kementrian agama Pusat di  perkotaan Wilayah  Indonesia tentang kesadaran Masyarakat Muslim untuk  mengkonsumsi makanan halal,  maka Kepri termasuk  Pencanangan  percontohan gerakan masyarakat sadar Halal  Yang ke 3 dari  7 propinsi se Indonesia. Adapun tujuh propinsi tersebut adalah 1.propinsi bandung.2 denpasar. 3 Batam. 4.Dki ,5.Solo.6.Surabaya.7.Manado. hal ini disampaikan oleh Direktur Bimas islam produk Halal .Dr.H.Muchtar Ali  M.Hum . pada penyampaian materi Kepri sebagai percontohan Gerakan masyarakat sadar Halal.di Hotel Goodway Batam.

Beliau melanjutkan adapun indicator penilaian tersebut berdasarkan bahwa makanan tersebut 1.tidak mengandung organ tubuh manusia.2.tidak mengandung babi 3.tidak mengandung khomar 4.tidak mengandung unsur najis 5.tidak rusak atau kadaluarsa 6.menandung bahan berbahaya.7.sertifikat halal mui 8.ada tanda label halalnya 9.ada nomor pendaftaran nomor Bpom.

Diakhir pembicaraan beliau menyimpulkan bahwa Semua makanan dan minuman dalam kemasan yang disajikan dalam restoran atau rumah makan haruslah terjamin kehalalannya.lalu tingkat keperluan masyarakat muslim saat ini mengatakan 67 persen sangat memerlukan sertifikat halal.

Sementara Majelis Ulama Kepulauan Riau ( Mui Kepri ) H.T.Azhari Abbas  sebagai pembicara mengatakanBesar Kemungkinan  terlihat wajar  apabila Kepri  termasuk percontohan gerakan  masyarakat sadar halal ,  karena  dapat di buktikan dengan banyaknya rumah makan dan restoran yang sudah mengurus sertifikat halal, secara umum sudah ada 791 pengusaha yang sudah mendapatkan sertifikat halal,baik produksi olahan dan home industri, Catering dan  sebagainya, yang membuat sangat terkesan lagi menurut penilaian pusat dan daerah lain yaitu dengan banyaknya  Resoran hotel yang sudah bersertifikat halal. diperkirakan sudah ada 17 Restoran Hotel Halal di Kepri. dengan data-data dapat di cek di website: www.halalmuikepri.com.

Beliau menambahkan  kami senantiasa mempermudah bagi pengusaha  dalam pengurusan halal, kami slalu menghimbau bagi pelaku usaha  untuk pengurusan halalnya adalah langsung ke kantor /secretariat Lppom Mui Kepri lantai 1 masjid agung Batam Centre.sangat dianjurkan  tanpa melalui perantara( calo) karena pernah terjadi pengusaha tersebut mengatakan kepada kami mengapa pengurusannya sangat lama dan biayanya sangat mahal,  setelah di cek kebenarannya pengurusan tersebut  pakai orang ketiga( calo). Padahal mengurusnya sangatlah mudah dan biayanya tidak begitu mahal . jika bisa di permudah mengapa harus di persulit,halal adalah  bagi semua ummat sembari mengakhiri pembicaraannya .(RS)

Selamat Berjuang Peserta Olimpiade Halal 2017 kepri di Politeknik negri Batam 26 Agustus 2017 Terima Kasih